Senin, 26 Maret 2018

Ada 4 Penyebab Tidak Diduga Kamu Merasa Capek Di Pagi Hari

Ada 4 Penyebab Tidak Diduga Kamu Merasa Capek Di Pagi Hari
   Bangun tidur di pagi hari biasanya membuat tubuh terasa segar. Namun sebaliknya jika kamu justru merasa lemas dan tidak bersemangat, bisa saja ada 4 hal tak disangka ini menjadi penyebabnya.

Kurang tidur adalah penyebab utama saat bangun tidur merasa lemas. Untuk waktu beristirahat yang baik, tubuh memerlukan tidur setidaknya selama 6 hingga 8 jam.

Begitu juga sebaliknya, kelamaan tidur juga bisa mengakibatkan masalah yang sama. Kebanyakan tidur dalam waktu lebih dari 12 jam setiap harinya, bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh sehingga mengacaukan jam tubuh.

Tidak hanya kebanyakan tidur dan kekurangan tidur, ada hal-hal lain yang tak terduga dan ternyata bisa membuat tubuh merasa lelah pada saat di pagi hari. Apa saja sih penyebabnya? Berikut ini untuk keterangan lebih lengkapnya.

1. Main hape atau smartphone di kasur ketika baru saja bangun tidur sangat tidak diperbolehkan oleh ahli kesehatan. Karena, tubuh menjadi telat beradaptasi untuk melakukan aktivitas, karena masih merasa ada di atas tempat tidur.

"Kasur hanya untuk tidur. Ketika Anda sudah bangun, tubuh memulai jamnya untuk bersiap-siap menghadapi aktivitas harian. Menggunakan smartphone di kasur saat bangun tidur mengacaukan jam tubuh, yang membuat tubuh memasuki mode rileks karena ingin tidur," papar Raj Dasgupta, MD, dari American Academy of Sleep Medicine.

2. Efek lelah dan lemas karena dehidrasi bisa juga terjadi di pagi hari. Apalagi jika hari sebelumnya kamu kurang mendapat asupan air.

Riset yang dilakukan oleh Human Performance Laboratory, University of Connecticut menyebut dehidrasi ringan saja bisa membuat seseorang merasa lelah dan mudah marah. Solusinya, jangan lupa minum satu gelas air saat sebelum tidur dan ketika baru bangun tidur.

3. Mandi air panas di malam hari dipercaya bisa membuat tubuh rileks sehingga tidur lebih cepat. Padahal menurutu pakar, yang terjadi adalah sebaliknya.

Dr Dasgupta mengatakan mandi air panas di malam hari menghasilkan efek seperti olahraga. Hal ini karena mandi air panas meningkatkan suhu tubuh menjadi tidak ideal untuk tidur.

"Suhu tubuh saat tidur akan turun sekitar 15 derajat celsius. Mandi air panas membuat suhu naik, sehingga tubuh butuh waktu lebih lama untuk rileks dan tidur pun jadi tak nyenyak," paparnya.

4. Seharian bekerja di dalam kantor membuat tubuh kekurangan paparan sinar matahari. Padahal sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain memecah vitamin D yang ada dit ubuh serta membuat hormon bekerja lebih baik.

Kurang vitamin D juga diketahui membuat tubuh gampang lemas dan lelah. Karena itu saat bangun tidur di pagi hari, kamu disarankan membuka jendela untuk mendapat sinar matahari.


- Copyright © Berita Terupdate Intanqq - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -